Jumat, Oktober 10, 2025
  • Login
lintaskabar
  • News
    • Nasional
    • Peristiwa
  • Pemerintahan
  • Politik
  • Ekonomi
  • Hukrim
  • Pendidikan
  • Olahraga
No Result
View All Result
  • News
    • Nasional
    • Peristiwa
  • Pemerintahan
  • Politik
  • Ekonomi
  • Hukrim
  • Pendidikan
  • Olahraga
No Result
View All Result
lintaskabar
No Result
View All Result
Home News

Ombudsman Sulsel Serahkan Hasil Kajian Pengelolaan Pengaduan Layanan Pertanahan

9 Oktober 2025
in News, Peristiwa
0 0
Ombudsman Sulsel Serahkan Hasil Kajian Pengelolaan Pengaduan Layanan Pertanahan
Share on FacebookShare on Twitter

MAKASSAR — Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan resmi menyerahkan hasil kajian terkait pengelolaan pengaduan masyarakat di Kantor Pertanahan se-Sulawesi Selatan.

Kajian ini dilakukan untuk menilai sejauh mana regulasi mengenai pengelolaan pengaduan telah diterapkan secara efektif, sekaligus mengidentifikasi potensi terjadinya maladministrasi dalam pelayanan publik.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulsel, Dr. Ismu Iskandar menjelaskan bahwa kajian ini dilatarbelakangi oleh tingginya angka pengaduan masyarakat di bidang pertanahan.

BacaJuga

Senyum dan Salam di Pintu Sekolah Cara Athirah Bentuk Generasi Berakhlak

Gebyar Akhir Tahun Kalla ke-73: Toyota Banjir Hadiah dan Promo Spesial di MaRI

SMA Islam Athirah Dorong Semangat Berprestasi dan Kolaborasi Lewat Athirah Edufair 2025

Kondisi tersebut, kata Ismu, menjadi sinyal bahwa masih terdapat sejumlah aspek dalam pelayanan publik pertanahan yang perlu dibenahi.

“Tingginya angka pengaduan tidak selalu menunjukkan pelayanan yang buruk, namun menjadi indikator adanya permasalahan yang perlu segera diselesaikan,” ujar Ismu.

Ia menambahkan, hasil kajian tersebut diharapkan dapat menjadi masukan strategis untuk memperbaiki sistem layanan pengaduan di lingkungan ATR/BPN Sulawesi Selatan.

“Kami berharap hasil kajian ini dapat dimanfaatkan untuk memperkuat sistem pengaduan publik di lingkungan ATR/BPN Sulsel agar lebih berkualitas, transparan, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Kami juga berharap Sulawesi Selatan dapat menjadi pilot project pembenahan layanan pengaduan di tingkat nasional, mengingat isu agraria masih menjadi salah satu tren pengaduan tertinggi di Ombudsman,” jelasnya.

Penyerahan hasil kajian dilakukan langsung oleh Ismu Iskandar kepada Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulsel, Dony Erwan Brilianto, ST., MM, bersama jajaran di Kantor Wilayah BPN Sulsel, Rabu (8/10).

Menanggapi hasil kajian tersebut, Dony Erwan Brilianto menyampaikan apresiasi dan komitmennya untuk menindaklanjuti rekomendasi Ombudsman.

“Kajian ini menjadi masukan berharga bagi peningkatan kualitas pelayanan di seluruh kantor pertanahan di Sulawesi Selatan. Kami siap berkolaborasi dengan Ombudsman RI dalam memperkuat layanan pertanahan agar semakin profesional dan terpercaya,” ungkap Dony.

Melalui kajian ini, Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Selatan menegaskan komitmennya untuk terus mendorong perbaikan tata kelola pelayanan publik, khususnya di sektor pertanahan, demi memastikan masyarakat memperoleh layanan yang adil, akuntabel, dan berorientasi pada kepuasan publik.

Penulis: Ardhi 

Tags: KajianLayanan pertanahanOmbudsmanOmbudsman Sulsel

BacaJuga

Senyum dan Salam di Pintu Sekolah Cara Athirah Bentuk Generasi Berakhlak
News

Senyum dan Salam di Pintu Sekolah Cara Athirah Bentuk Generasi Berakhlak

10 Oktober 2025
Gebyar Akhir Tahun Kalla ke-73: Toyota Banjir Hadiah dan Promo Spesial di MaRI
Ekonomi

Gebyar Akhir Tahun Kalla ke-73: Toyota Banjir Hadiah dan Promo Spesial di MaRI

10 Oktober 2025
SMA Islam Athirah Dorong Semangat Berprestasi dan Kolaborasi Lewat Athirah Edufair 2025
News

SMA Islam Athirah Dorong Semangat Berprestasi dan Kolaborasi Lewat Athirah Edufair 2025

10 Oktober 2025
Munafri Perjuangkan Transportasi Laut dan Dermaga Pulau Sangkarrang ke Kemenhub
News

Munafri Perjuangkan Transportasi Laut dan Dermaga Pulau Sangkarrang ke Kemenhub

9 Oktober 2025
Kominfo Makassar Dorong Integrasi Layanan Publik Lewat Sosialisasi SPLP
News

Kominfo Makassar Dorong Integrasi Layanan Publik Lewat Sosialisasi SPLP

9 Oktober 2025
Diterima Amran Sulaiman, Munafri Paparkan Rencana 3 Green House Modern di Makassar
Nasional

Diterima Amran Sulaiman, Munafri Paparkan Rencana 3 Green House Modern di Makassar

9 Oktober 2025
Next Post
Timnas Indonesia Siap Tempur Hadapi Arab Saudi Dini Hari Nanti

Begini Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Appi Umumkan Tim Transisi: Siap Wujudkan Makassar Lebih Maju dan Inovatif

Appi Umumkan Tim Transisi: Siap Wujudkan Makassar Lebih Maju dan Inovatif

20 Desember 2024
Tim Aurama Laporkan Adnan Purichta Ichsan ke Bawaslu Gowa, Terkait Dugaan Pelanggaran Netralitas

Tim Aurama Laporkan Adnan Purichta Ichsan ke Bawaslu Gowa, Terkait Dugaan Pelanggaran Netralitas

23 Oktober 2024
Dominasi Etnis Munafri-Aliyah Memimpin Survei Elektabilitas di Makassar

Dominasi Etnis Munafri-Aliyah Memimpin Survei Elektabilitas di Makassar

29 Oktober 2024
Usai Debat, Azhar Arsyad Langsung Tancap Gas Temui Warga Pangkep

Rusdi Masse Serang Calon Wakil Gubernur Azhar Arsyad, Ini Respon Petinggi PKB Sulsel

30 Oktober 2024

Hello world!

0
Ketua DWP Sulsel Melani Simon Dorong Pelaku UMKM Kabupaten Kota Terus Berinovasi

Ketua DWP Sulsel Melani Simon Dorong Pelaku UMKM Kabupaten Kota Terus Berinovasi

0
Gerindra Resmi Usung Pasangan Andi Sudirman – Fatmawati Rusdi di Sulsel

Gerindra Resmi Usung Pasangan Andi Sudirman – Fatmawati Rusdi di Sulsel

0
PLN Icon Plus Bantu Kebutuhan Siswa, Guru: Terima Kasih Banyak

PLN Icon Plus Bantu Kebutuhan Siswa, Guru: Terima Kasih Banyak

0
Senyum dan Salam di Pintu Sekolah Cara Athirah Bentuk Generasi Berakhlak

Senyum dan Salam di Pintu Sekolah Cara Athirah Bentuk Generasi Berakhlak

10 Oktober 2025
Gebyar Akhir Tahun Kalla ke-73: Toyota Banjir Hadiah dan Promo Spesial di MaRI

Gebyar Akhir Tahun Kalla ke-73: Toyota Banjir Hadiah dan Promo Spesial di MaRI

10 Oktober 2025
SMA Islam Athirah Dorong Semangat Berprestasi dan Kolaborasi Lewat Athirah Edufair 2025

SMA Islam Athirah Dorong Semangat Berprestasi dan Kolaborasi Lewat Athirah Edufair 2025

10 Oktober 2025
Munafri Perjuangkan Transportasi Laut dan Dermaga Pulau Sangkarrang ke Kemenhub

Munafri Perjuangkan Transportasi Laut dan Dermaga Pulau Sangkarrang ke Kemenhub

9 Oktober 2025

Recommended

Senyum dan Salam di Pintu Sekolah Cara Athirah Bentuk Generasi Berakhlak

Senyum dan Salam di Pintu Sekolah Cara Athirah Bentuk Generasi Berakhlak

10 Oktober 2025
Gebyar Akhir Tahun Kalla ke-73: Toyota Banjir Hadiah dan Promo Spesial di MaRI

Gebyar Akhir Tahun Kalla ke-73: Toyota Banjir Hadiah dan Promo Spesial di MaRI

10 Oktober 2025
SMA Islam Athirah Dorong Semangat Berprestasi dan Kolaborasi Lewat Athirah Edufair 2025

SMA Islam Athirah Dorong Semangat Berprestasi dan Kolaborasi Lewat Athirah Edufair 2025

10 Oktober 2025
Munafri Perjuangkan Transportasi Laut dan Dermaga Pulau Sangkarrang ke Kemenhub

Munafri Perjuangkan Transportasi Laut dan Dermaga Pulau Sangkarrang ke Kemenhub

9 Oktober 2025
lintaskabar

"Lintaskabar.id: Aktual, Cepat, dan Terpercaya. Kami hadir untuk Anda, mengabarkan fakta terkini tanpa kompromi."

© 2024 Lintaskabar.id

  • Redaksi
  • Tentang Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy
  • Advertise
No Result
View All Result
  • News
    • Nasional
    • Peristiwa
  • Pemerintahan
  • Politik
  • Ekonomi
  • Hukrim
  • Pendidikan
  • Olahraga

© 2024 Lintaskabar.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In